UNIFY CITIZENS OF THE WORLD

Thursday, January 17, 2013

Fisika Dalam Pemahaman Kita

0


http://www.troll.me/2011/11/28/engineering-professor/physics-isnt-really-that-hard-because-i-make-it-look-easy/
"Tanpa fisika, semua teknologi yang ada saat ini hanyalah mimpi orang-orang yang dikucilkan.” -Fisikawan Muda
Pada umumnya, banyak orang yang belum benar-benar mengerti apa itu fisika. Sebagian orang hanya mengganggap fisika itu ilmu tentang alam yg rumit ataupun mata pelajaran di SMA (Sekolah Menengah Atas) yang sulit. Pemahaman yang seperti ini membuat banyak orang tidak suka dengan fisika. Padahal, secara tidak langsung, fisika merupakan dasar dari perkembangan teknologi yang saat ini tengah kita rasakan. Mobil, smartphone, televisi, komputer, sepeda, bahkan permainan yang pernah kita mainkan di taman hiburan, semuanya adalah fisika—atau lebih tepatnya produk fisika.  Lalu, apa sebenarnya fisika itu ? Fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala/reaksi antar ‘benda’ yang ada di alam, kemudian mengubahnya menjadi sebuah konsep yang nantinya dimanfaatkan untuk kebaikan manusia.
Fisika memang susah. Itu tidak dapat dipungkiri, sebab bukan hal yang mudah untuk menangkap dan mempelajari pola/konsep yang ada disekitar kita (red: alam).  Namun fisika sendiri sudah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Perbedaannya dengan fisika pada masa kini adalah, fisika dahulu lebih mengarah pada konsep-konsep teoritis; perkiraan dengan sedikit perhitungan; sebab pada masa itu matematika belum digunakan. Dengan dikembangkannya matematika oleh Isaac Newton, semakin memudahkan fisikawan untuk menyederhanakan hal-hal yang mereka dapatkan dari penelitian ataupun pengamatan. Jika fisika adalah ilmu dasar tentang alam, maka matematika adalah alat yang memudahkan kita untuk mengerti konsep yang sudah didapat dari alam.
Fisika memudahkan kita untuk menjalani hidup. Sebagai contoh, Budi yang sedang di Jakarta berbicara pada sebuah alat komunikasi. Kemudian suara Budi diubah menjadi gelombang elektromagnetik[1] dan dikirim ke Anto yang ada di Bali. Di tempat Anto berada, gelombang elegtromagnetik tersebut diubah menjadi suara yang bisa didengar oleh Anto. Akhirnya, Budi dan Anto bisa berbicara jarak jauh. Telepon merupakan salah contoh pengaplikasian konsep fisika untuk mempermudah hidup manusia. Sekarang, tak ada lagi masalah jarak jika kita ingin berbicara dengan seseorang yang jaraknya terlampau jauh.  Hal tersebut benar-benar mengubah bagaimana cara manusia menjalani hidup dari sisi komunikasi. Banyak lagi hal-hal yang memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan. Misalnya adalah mobil, motor, kereta, pesawat terbang, dan lain sebagainya. Semua itu memudahkan manusia dalam berpindah, atau berpergian.
Kita dapat melihat tingkat kemajuan teknologi suatu negara berdasarkan pemahaman dan perkembangan fisika di negara tersebut. Lihat saja Jerman, Jepang, Prancis, Amerika ataupun negara-negara maju lainnya. Disana fisika bukan lagi merupakan momok yang buruk bagi para pelajar. Namun lebih seperti tantangan, karena mereka mengerti bahwa fisika itu sulit namun memudahkan. [Tyas Ari Wahyu Wijanarko – Teknik Fisika UGM]




[1] secara sederhana, elektromagnetik merupakan gelombang listrik

0 comments:

Post a Comment